Pages

Subscribe:

Kamis, 08 Desember 2011

NAUMI TUGAS AKIDAH : Contoh sehari-hari dari sifat-sifat wajib bagi Rasul

gambar tulisan basmallah.png

TUGAS AKIDAH : Contoh sehari-hari dari sifat-sifat wajib bagi Rasul

A. SHIDDIQ

Shiddiq artinya benar atau jujur dalam perkataan maupun dalam perbuatan. Contoh sehari-hari dari sifat shiddiq antara lain :

1. Ketika kita ditanya oleh seseorang kita harus menjawabnya dengan jujur dan benar karena jika tidak kita akan mendapatkan dosa karena telah berbohong.

2. Kita harus menjadi orang jujur seperti Rasulullah, beliau terkenal sangat jujur dalam ucapannya bahkan beliau senantiasa berkata dengan sejujur-jujurnya sekalipun pahit dirasa dan mengandung resiko yang tinggi bagi dirinya sekalipun.

B. AMANAH

Amanah artinya dapat dipercaya. Contoh sehari-hari dari sifat amanah antara lain :

1. Ketika kita berjanji kepada teman, orangtua, saudara, bahkan kepada musuh sekalipun kita harus tetap menepati janji itu dan tidak boleh mengingkarinya karena jika kita mengingkari janji tersebut kita sama saja tidak dapat dipercaya oleh orang lain.

2. Kita harus bisa menjaga amanat yang telah diberikan oleh orang lain kepada kita karena jika kita tidak menjaganya berarti kita tidak dapat dipercaya oleh orang yang memberikan amanat tersebut.

C. TABLIGH

Tabligh artinya menyampaikan. Contoh sehari-hari dari sifat tabligh antara lain :

1. Kita harus mencontoh dan menerapkan slah satu sikap Rasulullah, yaitu tabligh atau menyampaikan. Rasulullah selalu menyampaikan amanat yang ia dapat kepada orang yang berhak menerima amanat tersebut dan tidak satupun amanah atau titipan yang tidak sampai kepada alamatnya.

2. Misalkan, Andi disuruh ibunya untuk menyampaikan dan memeberikan titipan uang kepada ibu pemilik warung. Tetapi Andi tidak memberikan uang tersebut, ia malah menggunakan uang tersebut untuk jajan. Berarti Andi tidak menyampaikan amanat yang diberikan oleh ibunya kepadanya.

D. FATHANAH

Fathanah artinya cerdas dan pandai. Contoh sehari-hari dari sifat fathanah antara lain :

1. Kita harus rajin belajar agar dapat menjadi anak yang cerdas dan pandai.

2. Kita harus mencontoh perilaku Rasulullah salah satunya adalah menjadi anak yang cerdas dan pintar. Beliau terkenal sebagai seorang yang cerdas dan pandai, serta sangat arif dan bijaksana dalam mengambil keputusan didasari dengan pertimbangan dan pemikiran yang cukup matang.

1:2

0 komentar:

Posting Komentar